FEP – GENERAL ORIENTATION

Hei guys!

Future Leader IT_3762

Tanggal 1 Agustus 2016 tepatnya di BINUS ALAM SUTERA dimulai lagi FEP (FRESHMEN ENRICHMENT PROGRAM) batch dua, walaupun batch saya bukan batch pertama tapi ini adalah hari pertama saya melakukan kegiatan di BINUS UNIVERSITY.

FEP itu Apa?  FEP meurpakan serangkaian kegiatan orientasi yang bertujuan untuk membantu Binusian baru dalam beradaptasi terhadap sistem, peraturan, dan cara belajar di dunia kampus.  FEP juga salah satu syarat untuk nanti skripsi yang dimana ada point SAT (minimal 120 point) nantinya. Dari FEP ini terbagi 3 bagian yaitu; General Orientation, Academic Orientation, dan Campus Life Orientation. Total point yang didapatkan jika selalu mengikuti FEP ialah 100 point jadi kita tinggal mencari 20 point lagi untuk syarat skripsi.

Manfaat Lulus FEP?

  • bisa menjadi mentor
  • menjadi BC( Buddy Coordinator)
  • English Tutor
  • Pengurus Organisasi Kemahasiswaan
  • Memperoleh Beasiswa Binus University

Sebelum membahas semuanya, saya akan membahas General Orientation terlebih dahulu. General Orientation ini dilakukan selama 1 minggu lamanya dengan di bimbing oleh BC ( Buddy Coordinator) yang bakal memberi informasi bagaimana nanti peraturan di BINUS UNIVERSITY ? Bagaimana lingkungannya? Bagaimana cara menggunakan Binus Maya? dan lain-lain. Karena saya batch 2 jadi saya memulai GO saya tanggal 1 Agustus.

  • HARI PERTAMA ( 1 Agustus 2016)

Hari pertama adalah awal kegiatan GO dimulai masih belum ada peraturan dalam hal penampilan, semua masih bebas karena hari pertama adalah pengarahan tentang GO selama seminggu. Selama GO jika membawa kendaraan tidak diperbolehkan parkir di area BINUS UNIVERSITY. Kemudian setelah masuk kelas tepat pukul 09.00 dengan panduan utama tapping sebelum masuk kelas gunanya untuk absen kelas. Setelah sesi mulai satu persatu kami maju untuk memperkenalkan diri di hadapan semua mahasiswa baru dan para BC dan tidak hanya saya BC nya pun juga memperkenalkan dirinya  masing-masing. Setelah introduction dipilihlah KOMTI untuk selama GO, setelah hasil kampanye dan voting KOMTI Batch 2 selama FEP ialah MALVIN SANTOSO  dan saya sebagai WAKOMTI juga. Setelah itu kami di beri pengarahan selama nanti FEP seperti hari selanjutnya wajib memakai kemeja putih dan celana bahan, dan sepatu hitam/putih,membawa bekal,mengalungkan kartu flazz,dan lain – lain.

Kami juga dibagikan binder dari Binus dan juga mengukur almamater untuk di data dan name tag dari Binus. Kemudian kita menyanyikan MARS BINA NUSANTARA dan juga MARS BINUSIAN. Setelah itu ada sesi bermain gamesnya untuk saling kenal satu sama lain, seru- seruan pokoknya sama para BC kami. Kami diberi tugas untuk membuat yel-yel untuk di lombakan saat hari Sabtu, dimulai ide masing- masing dituangkan.

  • HARI KEDUA ( 2 Agustus 2016)

Hari kedua sudah diberlakukan memakai kemeja putih, celana bahan  dan sepatu hitam/ putih serta membawa bekal. Dimulai dari jam 09.20 kita mengawali dengan beberapa sesi yaitu pengenalan FEP ( GO,AO, CLO), penjelasan tentang syarat skripsi/ kelulusan (minimal 120 point dan juga 30 jam sosial), penjelasan tentang 6 Key Soft Skills. Sebelum dijelaskan kami diberi beberapa hipotesa tentang materi yang akan jelaskan, ini berlangsung selama FEP. HIMTI juga masuk ke kelas kita untuk mempresentasikan dan mengajak mahasiswa jurusan IT untuk menjadi aktivis dan juga promo tentang HTTP.

  • HARI KETIGA ( 3 Agustus 2016)

Hari ketiga dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dijelaskannya bagaimana sistim perkuliahan di BINUS UNIVERSITY. Syarat- syarat selama di area perkuliahan di BINUS harus mengalungkan ID CARD/ Flazz Card sebagai identitas mahasiswa binus. Di Binus mempunya 2 macam model belajar yaitu;

  1. F2F( Face to Face) 

Model belajar yang dilakukan di kelas/ atau tatap muka langsung dengan dosen, ada juga pembelajaran di labolatorium, dan juga kerja kelompok.

2.GSLC (Guided Self-Learning Class)

Model belajar yang dilakukan secara mandiri oleh mahasiswanya melalui internet, karyawisata(seperti acara dari HMJ), dan forum diskusi yang diadakan di Binusmaya.

PERSYARATAN UJIAN

  1. 80 % Kehadiran ( syarat untuk UAS dan UAP)
  2. Harus memiliki Kartu KMK(jika tidak bisa di print penyebabnya bisa dari keuangan, salah foto, belum mengambil/mengembalikan buku, dan ketidaklengkapan berkas.
  3. Saat ujian harus membawa KMK, Binusian ID Card, dna Peralatan Ujian.

Jika berhalangan hadir bisa mengajukan surat permohonan ijin setelah 1 hari ujian, bisa langsung di berikan ke SSC jika diterima balasanya akan diterima di Binusmaya(inbox).

Kita juga ditegaskan untuk TIDAK MENCONTEK  ! Barang siapa yang ketahuan melakukan kegiatan tersebut namanya akan dipajang selama satu semester dimanapun, dan hasil ujiannya langsung 0(NOL)

Kemudian dijelaskan tentang registrasi, contohnya kalender perkuliahan ada 2 macam ( Kalender Registrasi dan juga Registrasi Perkuliahan ). Di Kalender Registrasi bermanfaat untuk tanggal-tanggal penting terkait kegiatan registrasi di perkuliahan sedangkan Registrasi Perkuliahan untuk tanggal – tanggal penting terkait jadwal pertemuan perkuliahan, ujian, dan hari libur. Kemudian tentang registrasi sistem dan siklus pembayaran, caranya;

  1. Lihat jadwal auto debet BP3, SKS-1 , SKS Pelunasan di kalender registrasi.
  2. Cek jumlah tagihan di Binusmaya.
  3.  Informasikan ke orang tua/ wali untuk menyediakan dana di rekening auto debet sesuai jumlah tagihan.
  4. Pastikan dana tersedia di rekening H-1 sebelum tanggal auto debet (perhatikan saldo minimal bank), kemudian periksa kembali keberhasilan pembayaran H+1 setelah tanggal auto debet di Binusmaya.

Selanjutnya ada dari kakak-kakak Binus TV untuk mewawancarai kami tentang kegiatan FEP 2016 ini, ada 5 orang yang di wawancara (Malvin, Grisviany, Shannen, Darren, dan Richardo)

SESI KEDUA 

Sesi kedua menjelaskan tentang Sukses Kuliah & Aturan Tata Tertib Kehidupan Kampus, Sukses kuliah yang dilakukan dengan pengisian Noble Dream, kemudian mencari keunikan langka teman sekelas. Membuat target-target selama perkuliahan.

Peraturan-peraturan yang dijelaskan sesuai dengan tata tertib BINUS UNIVERSITY yang harus dilaksanakan dan dipatuhi seluruh Binusian.

  • HARI KE-EMPAT

Hari keempat (Binus Way) ini dimana kita pindah ke kelas besar mendengarkan wakil rektor Binus ” Pak Andreas Chang” untuk membimbing kita selama perkuliahan dari cara penilaian, sistim nilai binus, menghitung IPS dan IPK kita, award- awards yang sudah didapatkan dari para alumni dan juga Binus University dari targetnya, peringkat, dan juga syarat. Kemudian ada juga WIBOWO Awards yang di peruntukan untuk mahasiswa/i yang berprestasi dan aktif dalam berorganisasi. Syarat kelulusan di Binus University adalah IPK ≥2.00, min. 146 sks+ skripsi,min. 120 point SAT, min. 30 jam sosial.

ATRIBUT  KELULUSAN

SPIRIT ( Strive for Excellence), (Perseverance), (Integrity), (Respect), (Innovation), (Teamwork) itu harus dikuasai setelah lulus nanti, Global Standard Technical Competencies, Employability Entrepreneurial Skills ( 6 key soft skills, 3 bahasa asing(Inggris, Mandarin, dan Jepang),Communication Technology Skills, Numerical Literacy), International Exprerience Global Mindset, dan Innovation Capability.

Pak Andreas juga menjelaskan tentang program Binus University 3+1 yatiu 3 tahun berkuliah di binus dan 1 tahunnya magang di perusahaan.

SESI KEDUA

Sesi ini adalah sesi untuk registrasi Binusmaya, melalui website https://binusmaya.binus.ac.id kita  Get Username terus kita masukin NIM kita dan catat username nya dan password standart dari binusmaya. Melakukan registrasi Binus Access, MSDNA, Mail outlook. Kemudian diperkenalkan fitur-fitur di binusmaya dan cara penggunaannya.

  • HARI KELIMA

SESI PERTAMA 

Sesi Bunga rampai yang dimana semua UKM, Komunitas mempresentasikan dan memperkenalkan masing-masing UKM dan Komunitasnya.

ADA APA AJA UKMNYA?

  1. BNCC
  2. BNMC
  3. BNEC
  4. STAMANARA
  5. BINUS TV
  6. BADMINTON
  7. BASKET
  8. HAPKIDO
  9. MUAI TAY
  10. BASIC
  11. BDM
  12. MERPATI PUTIH
  13. FUTSAL
  14. B-ENTREPRENEUR
  15. AIESEC
  16. TFI
  17. AUTOMOTIVE CLUB
  18. DLL

Semua mempresentasikan UKM dan Komunitasnya dengan sangat baik dan seru, terutama BDM akustiknya sangat menarik!

Setelah Bunga Rampai kita menuju kerohanian, karena saya Buddhist sehingga saya ikut KMBD dimana sebelum masuk ke ruangan tersebut diberi salam secara buddhis”Namo Buddhaya”  disini kebaktiannya secara Theravada, sehingga ada paritta pembuka dan lain-lain, kemudian kita juga diberi semangat KMBD! dan dihadirkan pembicara untuk memotivasi kami semua.

dan hari kelima ini hari terakhir latihan Yel-yel dan pembuatan video sebelum di tampilkan besok.

HARI KEENAM

Hari terakhir hari sabtu ini tepatnya tanggal 6 Agustus 2016 ini kita sudah tidak belajar lagi di kelas-kelas, kita di tempatkan di ALC untuk menyaksikan beberapa yel-yel dari semua jurusan. Kita dari batch 2 tampil pertama kali dengan lancar kita lakukan. Sela-sela sesi ada beberapa murid dari setiap jurusan yang dikerjain dengan alasan melakukan pelanggaran ternyata hanya usil dari kakak-kakak BC. Oh ya! Batch 2 juara 1 deh dari lomba tersebut. So Thank you guys! selama FEP partisipasinya hehehehe.

Oh ya setelah kebersamaan, kita belumboleh pulang karena masih ada expo untuk pendaftaran UKM dan HMJ yang diinginkan. Saya mengikut HIMTI sekalian mendaftar HTTP, BDM, dan KMBD. Karena seperti yang dikatakan BDM kita mahasiswa baru boleh unjuk kebolehan jadi saya beserta teman-teman sebatch ( Shannen, Richardo, Edward, Ivan, Stanley) menampilkan sebuah lagu “Almost is Never Enough”  dan ” Cinta dan Rahasia” yang berhasil menghibur teman-teman semua.Future Leader IT_49

So, sudah selesai perjalanan FEP saya, pengalaman yang mengasikan ini, teman-temannya seru, kakak-kakak BCnya juga, dan dapat tampil saat expo. Best banget dah! Makasih semuanya!

Future Leader IT_225

 

 


 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *