FEP – ACADEMIC ORIENTATION

Hallo!

FEP masih dilaksankan nih, cuma bedanya kalau Academic Orientation ini adalah simulasi kita bagaimana sih perkuliahan di Binus University.

Dimulai dari Jadwal yang sudah dibagikan lewat Binus Maya, dibagikan kelas sesuai TOEFL, mata kuliahnya, dosen yang mengajarkan kita, dan seterusnya.

Periode Academic Orientation adalah 5 September hingga 15 September, kalau saya masuk tanggal 5 September! Ada beberapa teman dari batch 1 dan ada juga dari batch 2 kemarin saya jadi tidak begitu asing buat saya teman-temannya.

HARI PERTAMA TANGGAL 5 SEPTEMBER 2016

Ini dimulai dengan kelas besar yang digabung dengan kelas yang TOEFLnya diatas 500, dengan mata kuliah ” Introduction to Algorithm I” Jadi kami diberi simulasi tentang bagaimana algoritma itu, ada latihannya juga, ada kodingan juga dikarekan saya pernah mengikuti GLOBALICIOUS jadi saya sudah pernah diterangkan soal itu saat trial class di Kemanggisan. Pertama kita diterangkan tentang menyusun algoritma dari air – kosong – pasir agar bisa di masukan dengan step by step menggunakan algoritma. Kemudian ada juga Hanoi Tower kita harus menyusun Algoritmanya dari susunan besar hingga kecil.

Di sesi kedua pukul 09.20 kita kedatangan dari staff Jollybee. Jollybee adalah sebuah komunitas yang dimana kita di training untuk kompetisi mewakili BINUS UNIVERSITY, kami diberi tau cara – cara untuk daftar, benefitnya  apa , dan lain-lain. Tidak hanya Jollybee, kita juga kedatangan dari staff Ast. Lab yang dimana kita menjadi mentor atau membantu di lab dengan waktu FULL TIME, diberi tau juga cara-cara daftarnya dan  testnya dibulan Oktober. Ada juga kakak-kakak dari HIMTI yang menjelaskan lagi tentang HIMTI.

Jeda yang begitu lama dari jam 11 hingga jam 1  baru kami ada kelas lagi. Setelah jam 1 kita kedatangan staff dari SADC untuk menginfokan kita bagaimana cara mengurus absensi, flazz yang hilang, tentang perpustakaan juga, dan lain-lain semua dijelaskan disana. Sesi berikutnya, yaitu kita dibagikan buku wajib C++ dan dikarekan dosennya datang terlambat jadi waktu kami terpotong, hingga sekitar jam 3 kita memulai lagi dengan cara membaca buku tersebut, lalu pengenalan bahasa C++ kemudian diberi tugas yang deadlinenya tanggal 24 September 2014.

HARI KEDUA 8 SEPTEMBER 2016

Kita melanjutkan materi lagi tentang Introduce to Algoritm II tentang penjelasan-penjelasan DO, DO WHILE, perulangan, dan lain lain dan di pindahkan kedalam bahasa C++, jadi kami diberi tugas koding dari soal yang dari powerpoint dna soal di buku C++nya. Kemudian ada sesi support center itu menerangkan lagi tentang bagaimana agar bisa lulus tepat waktu, dan lain-lain.

HARI KETIGA 9 SEPTEMBER 2016

Kali ini membahas kurikulum yang ada di S1 jurusan Teknik Informatika. Dosennya menjelaskan tentang 3+1, peminatan nanti di semester 3, beasiswa, dan lain-lain

3+1 kita 3 tahun kuliah dan 1 tahunnya lagi magang di perusahaan selain itu, kita juga bisa menjadi entrepreneur juga di 1 tahun itu. Untuk yang Global Class Wajib Study Aboard.

Kemudian Peminatan yang nanit diambil ada Multimedia, Network, Database, Software engineering, dan Artificial Intelligence. Kita dijelaskan ketentuan-ketentuannya. Jika nilai kita tidak  mencukupi tidak bisa masuk ke peminatan yang diinginkan.

Kemudian dari segala aspek penilaian dijelaskan juga, syarat-syarat kelulusan juga di jelaskan, kemudian perkenalan dari ketua jurusan IT serta rekan-rekannya.

HARI KEEMPAT  10 SEPTEMBER 2016

Tanggal 10 itu adalah GSLC yang dimana kita ikut acara HTTP jadi dipastikan tidak ada jadwal perkuliahan. Berangkat dari pukul 06.00 hingga sore puku 17.00, acara yang meriah saat puncak acara dengan penampilan DJ ANGELO. Saya selaku peserta saya dengan teman-teman saya tampil acara juga! Pokoknya seru!

HARI KELIMA 13 SEPTEMBER 2016

Kali ini kita melakukan kegiatan belajar di lab, dengan dosen Pak Angry kami diajarkan basic-basic coding serta tata cara membuat suatu codingan menjadi lancar. Kita juga diberi tugas untuk bisa membuat suatu kodingan agar bisa dijalankan. Ini juga merupakan persiapan ujian nanti.

HARI KEENAM 14 SEPTEMBER 2016

Seharusnya hari itu pengarahan ujian untuk tanggal 15 September 2016, sayangnya dosen tidak hadir jadi jam kelas kosong, informasi ujian jadi dari teman ke teman saja.

HARI KETUJUH 15 SEPTEMBER 2016

Hari terakhir Academic Orientation diisi dengan simulasi ujian yang dimana kita diwajibkan membawa KMK yang sudah di print out, alat tulis, dan lain-lain. Kami diberi waktu untuk mengerjakan 4 soal. Ujiannya ada 2 tipe, ada yang tertulis dengan secara online. Karena masih awal dan belum terbiasa jadinya rada grogi juga.

Setelah ujian kita masih ada seminar yaitu tentang pembagian dosen pembimbing, kemudian dijelaskan juga nanti dosen-dosennya siapa dan lain-lain. Kebetulan saya dapat pembimbing dosen yang bernama Pak Edy Irwansyah dengan beberapa teman saya. Kita diberi motivasi juga untuk bisa sukses terus selama kuliah di Binus University.

 

YEAY ACADEMIC ORIENTATION SUDAH SELESAI! Jadi kita lebih tau lagi Binus sistimnya seperti apa, syarat ujian, kurikulum Binus, dan masih banyak lagi!

Thank you Binus!

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *